Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat dari SehatQ.com

Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Sampai saat ini ca mammae atau kanker payudara masih menjadi momok bagi para wanita. Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kanker sesuai dengan stadiumnya agar penanganan bisa segera dilakukan. Nah, seperti apa ciri-ciri ca mamae sesuai stadiumnya? Simak informasi berikut ini!

Stadium Pertama

Ca mamae stadium pertama ditunjukan dengan kondisi sel kanker mulai menerobos atau menyerang jaringan payudara normal di sekitarnya. Tahapan awal kanker stadium pertama dibagi menjadi 2, yaitu stadium 1A dan stadium 1B. Ciri-ciri kanker stadium 1A biasanya ditandai dengan munculnya tumor di payudara berukuran kurang dari 2 cm.

Pada tahap ini biasanya sel kanker juga belum menyebar di luar jaringan payudara. Sedangkan ciri-ciri kanker stadium 1B ditandai dengan tumor di payudara kadang ada atau belum ada. Ditemukan adanya kelompok sel kanker dengan ukuran antara 0.2 mm sampai 2 mm di dalam kelenjar getah benin.

Stadium Kedua

Kanker payudara pada stadium 2 juga dibagi menjadi 2, yaitu stadium 2A dan stadium 2B. Ciri-ciri ca mamae stadium 2A ditandai dengan belum adanya tumor pada payudara, namun sudah ditemukan sel kanker berukuran 2 mm di dalam kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan atau dekat tulang dada. Pada tahap ini keberadaan kanker bisa diketahui melalui biopsi.

Pada tahap ini tumor berukuran kurang dari 2 cm juga ditemukan dan kanker sudah menyebar ke satu sampai tiga kelenjar getah di bagian ketiak. Namun, munculnya tumor berukuran 2 sampai 5 cm dan sel kanker terkadang belum menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak.

Sedangkan pada ca mamae stadium 2B, terdapat tanda-tanda muncul tumor dengan ukuran 2 sampai 5 cm, adanya sekelompok sel kanker dengan ukuran antara 0,2 sampai 2 mm di antara kelenjar getah bening. Adanya tumor dengan ukuran 5 cm namun sel kanker belum menyebar sampai ke kelenjar getah bening di ketiak.

Stadium Ketiga

Jika ca mamae stadium 1 dan stadium 3 dibagi menjadi 2 tahap, ca mamae stadium 3 dibagi menjadi 3 tahap, yaitu stadium 3A, 3B dan 3C. Stadium 3A ditandai dengan belum munculnya tumor di payudara atau munculnya tumor namun sel kanker hanya ditemukan pada 4 sampai 9 kelenjar getah bening di ketiak atau dekat dengan tulang dada.

Munculnya tumor berukuran lebih dari 5 cm dan muncul sekelompok sel kanker berukuran 0,2 sampai 3 mm di kelenjar getah bening. Selain itu, tumor dan kanker telah menyebar di 1 sampai 3 kelenjar getah bening di ketiak atau dekat tulang dada. Pada stadium 3B, tumor dan sel kanker telah menyebar ke dinding dada dan kulit payudara sehingga menyebabkan payudara bengkak atau muncul luka.

Kanker juga menyebar sampai ke sembilan kelenjar getah bening di ketiak atau tulang dada. Sebagian besar bagian kulit payudara berwarna kemerahan. Payudara akan terasa panas dan bengkak. Sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan sudah tampak di kulit.

Sedangkan pada stadium 3C ditemukan tanda bahwa tumor dan kanker telah menyebar ke dinding dada dan kulit payudara. Kanker juga telah menyebar ke 10 kelenjar getah bening di tubuh bagian atau bawah tulang selangka, kanker juga telah menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak atau tulang dada.

Stadium Empat

Ca mamae stadium akhir ditandai dengan kanker yang sudah mengganas dan menyebar ke luar jaringan payudara dan kelenjar getah bening. Saat kanker sudah mencapai stadium 4, kanker akan merembet ke organ lain seperti paru-paru, tulang, hati, kulit dan sampai ke otak. Untuk menentukan stadium, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan setelah itu akan memberikan jenis perawatan yang dapat mengendalikan kanker.

Itulah ciri-ciri ca mamae yang harus Anda waspadai. Jika Anda menemukan tanda-tanda di atas, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nah, ingin tahu info penyakit lainnya? Kunjungi laman SehatQ. Temukan informasi menarik di sana!