7 Makanan Sehat yang Disukai Anak

7 Makanan Sehat yang Disukai Anak

Masa emas anak merupakan masa anak yang sedang begitu aktif menjelajah lingkungan sekitarnya, memegang benda sana sini, mengunyahnya, dan kelakuan anak kecil lainnya.

Mereka melakukan itu karena merasa penasaran akan hal baru. Keingintahuan mereka sangat tinggi terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, di masa seperti ini perlu memberikan asupan makanan yang baik bagi anak-anak.

Namun, seringkali anak-anak susah untuk diberi makan-makanan yang sehat dan bergizi. Mereka lebih memilih jajan-jajan yang berpengawet. Tentu ini tidak baik bagi kondisi anak di masa depan. Diperlukan solusi dari permasalahan ini, agar kebutuhan gizi anak tetap tercukupi.

Bagaimanakah caranya agar anak mau makan? Ya tentu diberikan makanan. Pilihlah makanan yang disukai oleh buah hati Anda. Sebenarnya tak sulit untuk menemukan makanan yang sehat dan bergizi. Berikut ini merupakan rangkumannya.

7 Makanan Sehat yang Disukai Anak-Anak

  1. Jus

Minuman yang segar dan manis ini tentu sangat disukai oleh anak-anak. Jus yang disukai anak-anak adalah jus buah. Namun, Anda juga dapat mengkreasikan jus dengan menambah sayuran seperti wortel atau tomat, agar anak-anak sedikit mengenali rasa sayuran.

Memang anak-anak kebanyakan tidak suka makan buah dan sayuran utuh. Maka, dengan dijus anak-anak dapat lebih tertarik untuk meminumnya. Dengan minum jus buah atau sayuran secara rutin, kebutuhan vitamin dan mineral anak akan tercukupi dengan baik.

  1. Susu

Sekarang ini rasanya hampir semua anak minum susu. Baik itu susu sapi, susu soya (kedelai), maupun susu jagung, tergantung pada kondisi masing-masing anak. Semuanya baik bagi kesehatan anak. Pilihlah susu anak terbaik.

Tak hanya memberikan energi bagi si kecil, dengan mengonsumsi susu dengan rutin, secara tidak langsung akan menambah kecerdasan pada anak karena susu tinggi akan omega 3. Selain itu, minum susu dapat menguatkan tulang anak karena mengandung kalsium yang tinggi.

  1. Biskuit

Makanan ini bisa menjadi camilan di sela-sela aktivitas si kecil. Biskuit merupakan alternatif jajanan sehat yang baik untuk tumbuh kembangnya. Biskuit hanya mengandung sedikit lemak dan kalori sehingga cocok untuk dijadikan camilan bagi si kecil yang memiliki berat badan berlebih. Biskuit juga mengandung berbagai macam vitamin, tergantung dari bahan pembuatannya.

  1. Roti

Umumnya roti terbuat dari tepung gandum. Kandungan tersebut membuat roti kaya akan serat yang baik bagi pencernaan anak. Selain itu, roti juga menjadi makanan utama bagi sebagian besar orang Eropa. Hal ini karena roti mengandung karbohidrat tinggi dan mengenyangkan.

Roti dapat diberikan pelengkap seperti selai, dan isian lainnyam. Selain itu, dapat pula dikreasikan menjadi sandwich agar anak lebih suka makan sayuran. Bagi anak yang tidak suka makan nasi, roti adalah salah satu solusi terbaik.

Penutup

Itulah beberapa makanan yang disukai oleh anak-anak. Tak hanya disukai, tetapi juga memberikan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Meskipun baik bagi anak, tetap jumlahnya tidak boleh berlebih. Berikan makanan tersebut secukupnya dan jangan biarkan anak sering jajan sembarangan.